logo mahkamah agung website ramah difable

Putusan Pengadilan Agama Blambangan Umpu ... Telusuri Perkara
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-blambanganumpu.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Zona Integritas Anda Mamasuki Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.

Apakah anda kesulitan membuat gugatan/permohonan secara mandiri..??? Silahkan gunakan Fasilitas "Aplikasi Gugatan Mandiri" GRATIS >>>>>>>>>>>>>

Berita Terkini

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT Cetak
Ditulis oleh Evi Novriah   

LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN MASAYARAKAT


Hasil penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat pada Pengadilan Agama Blambangan Umpu pada Tahun 2020 mempunyai kategori SANGAT BAIK, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang SKM adalah 3,57 atau konversi IKM sebesar 89,20.

Berikut adalah tabel nilai persepsi, interval IKM, interval konversi IKM, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan menurut Permenpan RB No 14 tahun 2019 :

NILAI PERSEPSI

NILAI INTERVAL SKM

NILAI INTERVAL KONVERSI SKM

MUTU PELAYANAN

KINERJA UNIT PELAYANAN

1

1,00-2,59

25,00-64,99

D

Tidak baik

2

2,60-3,06

65,00-76,60

C

Kurang baik

3

3,06-3,53

76,61-88,30

B

Baik

4

3,53-4,00

88,31-100,00

A

Sangat baik

Berbagai unsur yang terkandung dalam kuisioner dapat dijadikan suatu acuan untuk melihat sistem pelayanan, dan secara rinci dapat dijadikan suatu pedoman perbaikan kinerja. Sehingga dari indeks per unsur ini dapat digunakan untuk melihat kekurangan dari sistem di suatu unit kerja, keluhan masyarakat, hal-hal yang harus diutamakan, unsur yang harus ditingkatkan dan harus dipertahankan.

Ada dua hal penting yang harus diutamakan dalam memaksimalkan kinerja di sektor pelayanan publik. Pertama adalah indikator efisiensi yang dapat dilihat dari mudahnya mendapatkan informasi pelayanan oleh masyarakat, kecepatan pelayanan dan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Kedua adalah indikator sufisiensi yang dapat dilihat dari bagaimana menyikapi keluhan dari masyarakat, tidak terdapatnya diskriminasi dalam pelayanan serta pelayanan yang ada memang dibutuhkan oleh masyarakat.

TABEL NILAI RATA-RATA UNSUR PELAYANAN

PENGADILAN AGAMA BLAMBANGAN UMPU

No.

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur Pelayanan

Mutu Pelayanan

1

Kesesuaian persyaratan pelayanan

3,07

Baik

2

Kemudahan prosedur pelayanan

3,47

Baik

3

Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan

3,47

Baik

4

Kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan

3,65

Sangat Baik

5

Kesesuaian produk pelayanan

3,73

Sangat Baik

6

Kompetensi/kemampuan petugas

3,62

Sangat Baik

7

Perilaku petugas pelayanan

3,71

Sangat Baik

8

Kualitas sarana dan prasarana

3,67

Sangat Baik

9

Penanganan pengaduan pengguna layanan

3,72

Sangat Baik

Rata-rata tertimbang

3,57

Sangat Baik

Catatan : Warna biru menunjukkan persentase yang tinggi pada unsur pelayanan

Berdasarkan Tabel menunjukkan bahwa dari 1 unsur pelayanan Sangat Baik, 4 unsur pelayanan memiliki kualitas pelayanan yang sudah baik dan 4 unsur pelayanan memiliki kualitas yang Kurang Baik. Unsur pelayanan yang dinilai masyarakat memiliki kualitas sangat baik adalah unsur Penanganan pengaduan pengguna layanan.

NILAI PERSEPSI

NILAI INTERVAL SKM

NILAI INTERVAL KONVERSI SKM

MUTU PELAYANAN

KINERJA UNIT PELAYANAN

1

1,00-2,59

25,00-64,99

D

Tidak baik

2

2,60-3,06

65,00-76,60

C

Kurang baik

3

3,06-3,53

76,61-88,30

B

Baik

4

3,53-4,00

88,31-100,00

A

Sangat baik

 

Berbagai unsur yang terkandung dalam kuisioner dapat dijadikan suatu acuan untuk melihat sistem pelayanan, dan secara rinci dapat dijadikan suatu pedoman perbaikan kinerja. Sehingga dari indeks per unsur ini dapat digunakan untuk melihat kekurangan dari sistem di suatu unit kerja, keluhan masyarakat, hal-hal yang harus diutamakan, unsur yang harus ditingkatkan dan harus dipertahankan.

Ada dua hal penting yang harus diutamakan dalam memaksimalkan kinerja di sektor pelayanan publik. Pertama adalah indikator efisiensi yang dapat dilihat dari mudahnya mendapatkan informasi pelayanan oleh masyarakat, kecepatan pelayanan dan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Kedua adalah indikator sufisiensi yang dapat dilihat dari bagaimana menyikapi keluhan dari masyarakat, tidak terdapatnya diskriminasi dalam pelayanan serta pelayanan yang ada memang dibutuhkan oleh masyarakat.

 


TABEL NILAI RATA-RATA UNSUR PELAYANAN

PENGADILAN AGAMA BLAMBANGAN UMPU

No.

Unsur Pelayanan

Nilai Unsur Pelayanan

Mutu Pelayanan

1

Kesesuaian persyaratan pelayanan

3,07

Baik

2

Kemudahan prosedur pelayanan

3,47

Baik

3

Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan

3,47

Baik

4

Kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan

3,65

Sangat Baik

5

Kesesuaian produk pelayanan

3,73

Sangat Baik

6

Kompetensi/kemampuan petugas

3,62

Sangat Baik

7

Perilaku petugas pelayanan

3,71

Sangat Baik

8

Kualitas sarana dan prasarana

3,67

Sangat Baik

9

Penanganan pengaduan pengguna layanan

3,72

Sangat Baik

Rata-rata tertimbang

3,57

Sangat Baik

Catatan :  Warna biru menunjukkan persentase yang tinggi pada unsur pelayanan

 

GRAFIK NILAI RATA-RATA UNSUR PELAYANAN

PADA UNIT PELAYANAN PENGADILAN AGAMA BLAMBANGAN UMPU

 

Berdasarkan Tabel dan Grafik menunjukkan bahwa dari 1 unsur pelayanan Sangat Baik, 4 unsur pelayanan memiliki kualitas pelayanan yang sudah baik dan 4 unsur pelayanan memiliki kualitas yang Kurang Baik. Unsur pelayanan yang dinilai masyarakat memiliki kualitas sangat baik adalah unsur Penanganan pengaduan pengguna layanan.

 


 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas