logo mahkamah agung website ramah difable

Putusan Pengadilan Agama Blambangan Umpu ... Telusuri Perkara
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-blambanganumpu.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Zona Integritas Anda Mamasuki Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI

Berita Terkini

Selenggarakan Itsbat Nikah, PA. Blambangan Umpu Bekerjasama dengan Nahdlatul 'Ulama (NU) Kacamatan Kasui Cetak
Ditulis oleh Irfan Junial   

Selenggarakan Itsbat Nikah, PA. Blambangan Umpu Bekerjasama dengan Nahdlatul 'Ulama (NU) Kacamatan Kasui

Pengadilan Agama Blambangan Umpu melakukan sidang keliling itsbat nikah terpadu pada hari Selasa, 26 Maret 2019 di Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan. Sidang keliling ini dilakukan berkat kerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Way Kanan melalui Kantor Urusan Agama Kecamatan Kasui serta Pengurus Cabang Nahdlatul 'Ulama (NU) Kacamatan Kasui.

Pengadilan Agama Blambangan Umpu melaksanakan kegiatan ini berdasarkan amanah Makamah Agung RI yang tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014  tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan dan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015  tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran yang memberikan tugas kepada Pengadilan Agama Blambangan Umpu untuk melaksanakan sidang di luar gedung kantor pengadilan dalam memberikan pelayan kepada masyarakat untuk mendapatkan dokumen-dokumen kependudukannya.

Tim Pengadilan Agama Blambangan Umpu yang terdiri dari Hakim, Panitera Pengganti dan Operator serta seluruh petugas tiba di lokasi pada pukul 10.00 WIB setelah menyusuri medan yang lumayan sulit karena kondisi jalan yang rusak. Saat Tim Pengadilan Agama Blambangan Umpu tiba di lokasi sidang keliling Itsbat nikah, para peserta sidang itsbat nikah telah terlebih dahulu bersiap di lokasi sidang istbat nikah yang ditandai dengan langsung segera mengisi daftar absensi para peserta. Menurut berkas perkara yang sudah tersedia, ada 36 pasangan suami-istri yang akan mengikuti sidang itsbat nikah tersebut.

Sidang itsbat nikah tersebut Terbagi dalam tiga Hakim Tunggal, yaitu Yopie Azbandi Aziz, S.Ag., M.H. (Ketua), Masalan Bainon, S.Ag., M.H. (Wakil Ketua) dan H. M. Kusen Raharjo, S.H.I., M.A. (Hakim).

Antusias warga sangat tinggi dalam mengikuti sidang itsbat nikah ini terlihat dengan jumlah peserta yang mengikuti itsbat nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kasui. Dengan jumlah perkara yang terbilang banyak dengan diselesaikan oleh tiga Hakim Tunggal kegiatan ini berakhir sekitar pukul 13.30 WIB. Semoga pelayanan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan.

Sidang itsbat nikah terpadu kali ini adalah untuk sidang itsbat terpadu permulaan, karena pada bulan Juli 2019 akan diadakan sidang itsbat nikah terpadu yang lebih besar dengan jumlah 100 perkara bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Way Kanan.

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas