logo mahkamah agung website ramah difable

Putusan Pengadilan Agama Blambangan Umpu ... Telusuri Perkara
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-blambanganumpu.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Zona Integritas Anda Mamasuki Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung RI

Berita Terkini

E-Court PA. Blambangan Umpu Cetak
Ditulis oleh Irfan Junial   

PAGI TANAM, SORE MENUAI

_-:(E-Court PA. Blambangan Umpu):-_

Senin, 14 Januari 2019, Pengadila Agama Blambangan Umpu telah memberikan sosialisasi terkait keberadaan E-Court kepada para advokat/pengacara sewilayah Kabupaten Way Kanan. Sosialisasi E-Court dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Blambangan Umpu, dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan Pembicara Bpk. Masalan Bainon, S.Ag., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu yang memberikan sosialisasi yang berkenaan dengan E-Court. Hal itu menindak lanjuti Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang pelaksanaan administrasi perkara secara elektronik di lingkungan pengadilan.

Ketua Pengadilan Agama Blambangan Umpu, Yopie Azbandi Aziz, S.Ag., M.H. mengatakan dalam sambutannya, bahwa fungsi keberadaan E-Court sangat memudahkan masyarakat, khususnya advokat/pengacara untuk memproses administrasi perkara di pengadilan. Oleh sebab itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi. Dijelaskannya, para advokat/pengacara bakal dipermudah dalam pendaftaran perkara di Pengadilan secara E-Court dan saat ini Pengadilan Agama Blambangan Umpu sudah menerapkan E-Court.

E-Court adalah sistem yang memudahkan seseorang ketika akan mendaftarkan gugatan di pengadilan. Namun saat ini yang bisa melakukan proses itu baru advokat/pengacara. Ke depannya, masyarakat luas bisa langsung mendaftarkan gugatan di pengadilan melalui E-Court.

E-Court merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung Republik Indonesia di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi E-Court. PERMA Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan para pihak secara elektronik. Sedangkan untuk proses pembuktian masih harus dilakukan dengan sistem konvensional atau manual, melalui persidangan langsung dihadapan Majelis Hakim.

Para Advokat/pengacara mengikuti sosialisasi dengan sangat antusias dan mengutarakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Dalam materi tersebut disampaikan pula kepada para Advokat/pengacara bahwa untuk dapat menggunakan E-Court diwajibkan memiliki 3 (tiga) syarat, yaitu: harus mempunyai KTP, Kartu Advokat/pengacara dan Berita Acara Sumpah yang sah dan legal yang diterbitkan oleh Pengadilan Tinggi dimana para Advokat/pengacara tersebut disumpah dan sudah divalidasi disana. Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat di era sekarang ini telah memaksa setiap orang untuk terus belajar mengikuti perkembangan yang ada. Begitupun dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang terus berinovasi dalam melakukan perubahan administrasi di pengadilan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Setelah sosialisasi selesai pukul 11.30 WIB para advokat/pengacara pulang ke tempat kerja masing-masing, namun sungguh sangat luar biasa, sekitar pukul 15.00 WIB E-Court Pengadilan Agama Blambangan Umpu telah mendapat perkara melalui E-Court dengan Nomor Register Online PA.BLU-012019YD1 dan telah melakukan pembayara sehingga lansung ditindaklanjuti oleh Kasir Pengadilan Agama Blambangan Umpu dengan memverifikasi dan memberikan Nomor Perkara 0032/Pdt.G/2019/PA.Blu.

Semoga kedepannya E-Court dapat diterapkan dengan baik oleh seluruh pengguna peradilan, sehingga proses persidangan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas