Cetak
Nuzulul Qur'an
Ditulis oleh Desi Sartika Iskandar

Nuzulul Qur'an

Senin, 12 Juni 2017 .Bertempat di Musholla Al-Mahkamah Pengadilan Agama Blambangan Umpu, Seusai menunaikan sholat dzuhur berjamaah yang diimami oleh Hakim Pengadilan Agama Blambangan Umpu, Al-Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I., seluruh pegawai Pengadilan Agama Blambangan Umpu tidak segera kembali melanjutkan rutinitas sebagaimana biasanya, karena kegiatan siang kali ini akan dilanjutkan dengan penyampaian kultum yang merupakan kegiatan yang diagendakan setiap hari usai sholat dzuhur selama bulan Ramadhan.

Semua pegawai yang hadir tidak terkecuali juga tenaga honorer turut berkumpul bersama mendengarkan dan menyimak kultum di yang disampaikan oleh bapak Junaedi. S.H.I Hakim Pengadilan Agama Blambangan Umpu. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan mengenai

Arti Malam Nuzulul Qur'an Yang Jatuh Pada Malam 17 Ramadhan yang mana Malam Nuzulul Quran adalah malam dimana Kitab Suci Umat Islam (Al-Qur'an) diturunkan secara keseluruhan dari lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah di langit dunia.

Kemudian secara berangsur di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW disepanjang kehidupannya atau dalam waktu kurang lebih 23 tahun. Adapun yang menjadi dasar kaum muslimin memperingati Nuzulul Qur'an pada tanggal 17 Ramadhan karena pada tanggal tersebut di turunkannya ayat pertama Al-Qur'an dari surat Al Alaq kepada Nabi Muhammad SAW dari ayat 1 sampai 5.

Sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Katsir didalam kitabnya Al Bidayah wa an Nihayah menukil dari Al Waqidiy dari Abu Ja'far al Baqir yang mengatakan bahwa awal diturunkannya wahyu pertama kepada Rasulullah SAW adalah pada hari Senin tanggal 17 Ramadhan akan tetapi ada juga yang mengatakan tanggal 24 Ramadhan.

Itulah mengapa malam 17 Ramadhan diperingati sebagai malam Nuzulul Quran (Turunnya Al-Qur'an), hal tersebut di karenakan Ayat Al-Qur'an pertama yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah pada tanggal tersebut.

Untuk memperingati Malam di turunkannya Al-Quran ini, di Indonesia biasanya di lakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur'an.

Untuk Ramadhan tahun 2017/1438 Hijriyah, Malam Nuzulul Qur'an jatuh pada Minggu malam atau tepatnya Senin, 12 Juni 2017

 

Add comment


Security code
Refresh

Layanan Pengaduan